Scroll untuk baca artikel
Palembang

Berperahu Menyusuri Sungai Musi Palembang

1168
×

Berperahu Menyusuri Sungai Musi Palembang

Sebarkan artikel ini

akuliburan.comLiburan ke Palembang belum lengkap jika belum berperahu menyusuri sungai musi. Sungai musi merupakan sungai yang membelah kota palembang, sekaligus salah satu destinasi wisata bahari yang mempersembahkan Pesona Jembatan Ampera dan Jembatan LRT.

Naik dari pelabuhan yang ada di Benteng Kuto Besak (BKB) kita memulai petualang menyusuri sungai musi, untuk harga tergantung tujuan, jika tujuan ke pulau kemarau, ongkos sewa mulai dari rp 300.000,- untuk satu perahu yang bisa diisi 10 orang.

Adverstisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Konten

Kali ini kami hanya sampai di Jembatan Musi 4 dengan ongkos sewa Rp. 100.000,- an satu perahu.

Ada Apa Saja di Sepanjangan Sungai Musi

Yang Pertama kita dapat melihat Plaza Benteng Kuto Besak (BKB), di plaza ini biasanya tempat diadakan acara dan konser band sekaligus tempat bermain anak anak jika di malam biasa.

Baca Lainnya  1000 Homestay Palembang, Dipersiapkan Menampung Wisman

Dermaga Convention Center, Bangunan yang berlantai 2. Lantai dasar banyak foodcart tempat nongkrong anak anak muda, untuk lantai 2 nya digunakan untuk acara atau kegiatan yang berskala kecil.

Ada Spbu terapung tempat membeli solar dan pertalite untuk kapal dan perahu.

Dibawah Jempatan Ampera dan Jembatan LRT ada pelabuhan Speedboat yang menunggu penumpang ke Jalur banyuasin dan sekitarnya. Disitu juga ada pusat kuliner pasar 16 ilir, yang menyediakan berbagai menu makanan khas dan nusantara.

Plaza 16 Ilir Palembang (Photo By Screenshot/idxchannel.com)

Ada taman Plaza 16 Ilir memiliki pemandangan indah yaitu icon Kota Palembang, Jembatan Ampera, juga tugu kapal sebagai ikon utama untuk memikat daya tarik pengunjung. Selain tugu kapal ketek, Plaza 16 Ilir menyuguhkan taman dengan rerumputan, kursi umum dan lampu-lampu turut menghiasi kawasan tersebut. Tugu perahu ketek berwarna coklat tua di tengah plaza itu menyimbolkan bahwa kawasan
itu memang sejak lama menjadi dermaga ketek dan Speedboat.

Baca Lainnya  LRT Palembang : Rute & Lokasi Stasiun Mulai dari Bandara Hingga Stadion Gelora Sriwijaya

Selanjutnya ada perkantoran satuan pelayanan pelabuhan SDP 16 Ilir dan Kantor Lurah 16 ilir, serta beberapa coofee shop dan ruang santai terbuka. Disini banyak coffee shop yang dibuka hingga malam hari, Saat sore hari sambil menikmati coffee dan melihat suasana sibuknya transportasi air di sungai musi.

Rumah Terapung di Sungai Musi (Photo by akuliburan.com/ariefsetiawan)

Jika beruntung kita juga dapat melihat kapal tongkang yang membawa batubara yang melaju dengan lambat. atau tongkang yang membawa fuso tangki minyak dan gas menuju pulau bangka.

Sepanjangan sungai musi juga ada perahu dan kapal nelayan serta rumah terapung, rumah panggung pinggir sungai.

Perjalanan kami kali ini hanya sampai jembatan Musi 4 Palembang dan lansung memutar balik arah kembali ke Pelabuhan Plaza Benteng Kuto Besak.