Scroll untuk baca artikel
Jambi

4 Destinasi Wisata Dalam Kota Jambi

5342
×

4 Destinasi Wisata Dalam Kota Jambi

Sebarkan artikel ini
Danau Sipin Jambi
Danau Sipin Jambi

akuliburan.com – Jambi – aku liburan kali ini ke 4 Destinasi Wisata Dalam Kota Jambi, dimana saja 4 destinasi wisata dalam kota jambi. Mari kita simak ulasan sederhana dari akuliburan.com.

Kota jambi merupakan salah satu kota yang di belah oleh sungai yaitu sungai Batanghari.

Adverstisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Konten

Sungai Batanghari Jambi yang berhulu dari Gunung Rasan di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, dan mengalir sejauh 800 kilometer hingga perairan timur Sumatra di wilayah Sabak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi, adalah sungai terpanjang di Sumatra.

Alur sungai yang berkelok menjadi urat nadi transportasi air bagi masyarakat di sejumlah kabupaten Jambi dan Sumbar.

Baca Lainnya  Lebaran Kupat Goes To Danau Ranau dan Pantai Labuan Jukung Krui

Sejumlah pengelola tambang turut memanfaatkan aliran sungai sebagai jalur pengangkutan hasil-hasil tambang menuju lokasi penumpukan akhir.

Sungai Batanghari juga membelah Kota Jambi seperti halnya Kali Ciliwung di DKI Jakarta. Pada salah satu sisinya di aliran yang masuk ke pusat kota, terdapat Danau Sipin Jambi.

DANAU SIPIN JAMBI

Masyarakat Kota Jambi mengenalnya sebagai Danau Tapal Kuda atau Danau Ladam karena jika dilihat dari udara, bentuknya menyerupai tapal kuda atau seperti huruf U.

Seperti dikutip dari National Geographic, danau tapal kuda (oxbow lake) dikenal pula sebagai danau mati karena bentuk sungai yang berkelok-kelok (meander river) seiring waktu akan menggerus tepian di sisi luar kelokan.

Baca Lainnya  6 Destinasi Gunung Kerinci Jambi

Kemudian, hasil sedimentasinya akan ditimbun di sisi dalam sungai. Lambat laun, kelokan-kelokan sungai semakin melebar dan membundar hingga pada saatnya, sisi luar suatu kelokan terus bergeser sampai mendekati sisi luar kelokan lain di dekatnya, membentuk suatu tanah genting antar kelokan.

Tanah genting ini pada akhirnya akan tergerus pula, boleh jadi oleh erosi lateral arus sungai, atau oleh luapan air banjir yang melanda wilayah itu. Maka, terbentuklah danau berbentuk tapal kuda tersebut.

Secara fisiografis, Danau Sipin termasuk ke dalam formasi Quarter Alluvium (Qa) yang berumur Tersier-Kuarter dengan batuan sedimen yang tersingkap.

Verified by MonsterInsights