Scroll untuk baca artikel
Kebumen

Bukit Sianco, Raja Ampat nya Kebumen Jawa Tengah

957
×

Bukit Sianco, Raja Ampat nya Kebumen Jawa Tengah

Sebarkan artikel ini

Akuliburan.com – Perkenalkan saya Arief Setiawan Kontributor baru di Aku Liburan, kali ini aku lagi berada di kebumen, Jawa Tengan. Kebumen memiliki tempat wisata alam yang segar, salah satunya yang akan saya bahas sedikit.

Berada di tepi  barat gugusan kerucut perbukitan kawasan karst gombong selatan, Bukit Sianco punya pemandangan yang menakjubkan. Bukit ini berada di Dusun Bacok, Desa Kalipoh, Kecamatan Ayah. Kenapa aku sebut Bukit Sianco ini, Raja Ampat nya Kebumen, karena pertama kali kulihat bukit bukit mirip pulau Raja ampat, hanya saja jika di raja ampat berada di lautan sedangkan bukit sianco berada di daratan kebumen.

Adverstisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Konten
Pantai Ayah

Dari atas bukit setinggi kurang dari 200 meter diatas permukaan air laut ini aku dapat melihat pantai ayah sempurna terutama saat cuaca cerah. Garis pantai selatan Teluk Penyu yang melengkung indah menjadi pelengkap panoramanya. Untuk melihatnya terdapat gardu pandang dan beberapa spot serta wahan menarik untuk berfoto.

Berada di Gardu Pandang

Tak luput dataran rendah berupa lahan pertanian Kabupaten Cilacap dan liukan Sungai Ijo menjelang muara akan memanjakan mata wisatawan. Jika pemandangan sebelah barat berupa datran rendah dan pantai, maka pemandangan ke timur bukit ini merupakan panorama bukit-bukit kerucut khas kawasan karst. Di sekitarnya merupakan hutan lindung yang masih alami dan asri.

Landscape Raja Ampat Kebumen

Dari sini terlihat jelas bukit sianco, raja ampat kebumen. Lokasi ini berada di perbatasan Kebumen dan Cilacap, diseberang sana Kebumen, tempat aku berdiri di desa jetirs Cilacap.

Verified by MonsterInsights