3. Bangka Botanical Ganden

Bangka Botanical Garden mampu mengolah lahan dengan tingkat pH (keasaman) di bawah 5 menjadi lahan subur dengan berbagai jenis tanaman, tambak budidaya jenis ikan air tawar dan peternakan sapi perah dan potong.

Saat ini Bangka Botanical Garden merupakan acuan pengembangan lahan tidak produktif bagi daerah-daerah di Indonesia. Bahkan, lahan ini menjadi kawasan ecotourism modern serta ikon kepedulian lingkungan masyarakat Bangka Belitung.

Bangka Botanical Garden Pulau Bangka

Lokasi agrowisata ini meruapakan ruang hijau seluas 300 hektar. Wisatawan yang berkunjung ke lokasi Bangka Botanical Garden dapat menikmati kesejukan udara, sekaligus belajar mengenai usaha pertanian, peternakan, serta perikanan terpadu dengan cara organik.

Agrowisata ini letaknya cukup strategis, bersebelahan dengan Lantai Pasir Padi, serta mudah dijangkau dari pusat Kota Pangkalpinang. Deretan cemara menuju rumah panggung yang multifungsi, akan menyambut kedatangan Anda.

4. Danau Kaolin Bangka

Sejauh mata memandang wisatawan takjub akan keindahan danau jernih membiru. Danau Kaolin, sebuah danau dengan penampakan unik.

Airnya biru meluas dikelilingi dengan bebatuan berwarna putih. Lokasinya berada di Jl. Raya Gadung, Desa Nibung, Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. Saking jernihnya, air danau bak cermin yang memantulkan panorama langit dan bebatuan.

Danau Kaolin Pulau Bangka

Di balik keindahannya, Danau Kaolin terbentuk tidak secara alami. Sesuai dengan namanya Danau Kaolin dulu penuh dengan Kaolin, sejenis mineral yang terkandung dalam tanah.

Keberadaan Kaolin menjadi saksi bisu kekayaan pertambangan di Kepulauan Bangka Belitung.